Sabtu, 16 Juli 2016

Pesanku Untuk Mereka yang Tidak Percaya Diri dalam Hidup

Halo. Saya Shabia. Kita belum berkenalan, dan kemungkinan besar melalui dunia virtual ini saya tidak tahu kamu siapa, pengalaman apa yang telah membentukmu hingga menjadi sekarang ini, pelajaran apa yang pernah kamu ambil, nilai-nilai apa yang pernah kamu internalisasikan, pikiran-pikiran apa yang hinggap di cerebrum, cerebellum, dan bagian-bagian otakmu yang lain yang kamu jadikan dasar untuk berperilaku dan menerjemahkan dunia yang taik namun di sisi lain bergula manis ini.

Pertama, saya pengen bilang, kalo kamu ngerasa kamu bukan orang yang pantas menderita tapi kamu tetap merasa bahwa kamu yang paling menderita, bahwa kamu ngerasa bersalah karena ada orang yang lebih menderita dari kamu, tapi walaupun begitu gak ada yang bisa ngeredain sakitmu dan gak ada orang yang ngerti sakitmu, penyakitmu, dukamu, penderitaanmu... kamu normal. Kamu bukan orang yang buruk. Yang lebih baik lagi, kamu gak sendiri. Mungkin gak akan ada orang yang pernah mengerti sakitmu dengan persis, tetapi mereka pernah melewati fase itu dalam hidupnya. Ada yang mendapatkan itu di awal masa remaja. Ketika remaja. Bahkan, pasca remaja, hingga dewasa dan tua.


Manusia gak bisa lepas dari masa lalu dan pengalaman yang pernah ia lewati. Sadly. Unfortunately. Kita abadi--itu taik kucing. Jiwa, mungkin abadi. Hati? Sistem pikiran lo facing the truth and facts and people out there? Anxiety? Kita gak pernah lepas dari konsep ruang dan waktu. Selama kita terantai sama kerangka sistem duniawi, akan selalu ada tuh yang namanya sakit dan senang. Tawa dan tangis. Konstruksi sosial budaya biologis -- esensi eksistensi pengalaman. Kalau ada yang bisa melewati semua dan mencapai tahapan paling tinggi, itulah Moksa, kalau ditelaah dalam falsafah Hindu Buddha. Saya pengen bilang kematangan spiritualitas dan iman akan mengatasi itu semua (That's why we create God and religion below him/her), tapi saya sendiri belum sampai di tahap itu. Saya gak pernah tau apa mereka truly mengatasi anxiety ini.


Dapet maksud saya? (Maaf saya agak pointless)


Oke, tarik napas dalam-dalam. Saya mau cerita meski di dunia nyata, kalian akan menghadapi Shabia yang ceria, selalu berinisiatif memulai percakapan, awkwardly talkative, sosial banget dan bla bla bla, kalo kalian pasang cctv di dinding tempat saya tidur menghadap di malam-malam paling buruk dalam keseharian saya, kalo kalian pasang cctv di pojok kamar kos saya, kalo kalian pasang cctv di kamar mandi saya (tapi itu bisa ngebuat masalah lain, ya, sayang badan saya gak sekece model yang perutnya rata atau model yang payudaranya melendung), kalian akan lihat seberapa sering saya nangis ... cari "pegangan", stressing out sampe teriak-teriak (tapi ini dulu sih), dll. Kenapa saya gitu? Jawabannya gampang. Saya ngerasa gak percaya diri sama diri saya, saya gak ngerasa percaya diri sama hidup saya, lalu, sesederhana itu, saya merasa lonely dan abused. Pathetic? Iya. Saya sadar kok.


Lalu, kalo sekarang saya ditanya, terus gimana perasaanmu sekarang? Masih kayak gitu, gak?


Jawaban saya: m a s i h. Tapi sudah lebih baik. Kenapa?


Saya yakin bukan hanya diri saya yang coping with this problem. Itu pikiran yang menyelamatkan saya pertama-tama. Di luar sana, ada berjuta-juta orang yang ngalamin hal ini. Dan setelah saya baca-baca buku berisi pengalman hidup orang-orang, saya nemu pengalaman yang identik ... bahkan saya termasuk beruntung, mereka ini orang-orang yang bahkan hampir commit suicide.


Lalu, saya banyak cari insight yang bisa bantu saya bangit dari keputusasaan saya. Satu saran untuk mereka yang dalam fase ini: jangan menyianyiakan waktu buat meratapi nasib, daydream dan merenung, emang kamu Nabi yang tibatiba DAR! dapet wahyu? (tapi Rasul aja ke Gua Hira loh baru disamperin Malaikat Jibril) Terus muncul pertanyaan, kalau refleksi gak boleh dong? Heu, refleksi tuh juga pencarian, loh. Pencarian makna atas segala hal yang telah dilakukan. Cari insight bisa dari mana aja. Saya ikut tes kepribadian. Terus baca-baca blog tentang positivitas. Baca blog tentang kegilaan (dan terima kasih Tuhan, saya belum gila menurut teori-teori dan analisis di blog itu). Terakhir, baca puisi dan motivasi. Saya baca rupikaur. Terakhir sih, baru aja semalem saya nonton Rudy Habibie dan walaupun itu cliche, saya menemukan banyak kata-kata dan moral values yang bagus. Find yours, insight can be found everywhere.


Ketiga, kalo kamu udah segitu gak pedenya ... ask your friends about your values in their eyes. Karena kadang gini nih, penyakit kita sendiri yang bikin. Kita nganggep kita jelek, padahal muka kita udah mirip Cinta Laura (meski Cinta Laura gak cakep2 amat). Kita nganggep kita useless, padahal ada orang-orang yang diem-diem inget kebaikan kita. Saya waktu itu ngerasa gak punya bakat, terus temen saya nempeleng saya sambil nunjuk puisi dan gambar saya. HEHE. Kadang itu ngebantu. Tapi ati-ati, jangan nanya sering2, ntar sama aja kamu nyari pembuktian diri :))


Keempat, hmm, ngebantu orang lain, bukan (hanya) butuh bantuan orang lain. Menurut saya, meskipun kadang statement ini bener, ketika kita stress, yang kita butuh bukan bantuan orang lain, tapi ngebantu orang lain. Kenapa? Kalo kamu ngebantu orang lain, kamu yang lagi haus values, consciously or unconsciously ngasih nilai tambah ke diri kamu sendiri. Ngebantu bisa dari yang ringan sampe berat, dari mulai ngasih Nenek-nenek pengemis nasi padang (dengan catatan Nenek itu gaboleh makan kolesterol), sampe bantuin ngegulingin truk teroris yang mau ngegiles orang-orang hepi (dengan catatan kamu punya kemampuan telekinesis). Tapi kamu ngerti maksud saya, kan?

Kelima, do something. Gamau ngomong banyak. Kalo saya, gambar-gambar dan bikinin milo setrika buat adek saya. Terus buat proposal nyumbang buku.

Keenam, ini penutup. Ini yang paling penting. Yang paling fundamental. Poin yang sia-sia aja lo lakuin hal-hal di atas tapi nggak ngelakuin hal ini. Dan poin itu adalah:


Cintai diri lo sendiri.


Cliche, ya? Atau hipokrit? Saya tau. Tapi, gini. Menurut saya, setelah saya refleksi lagi dalam hidup saya ... pada akhirnya cuman kita yang ngerti diri kita apa, siapa, bagaimana (meskipun ada alam bawah sadar. Juga Id-nya si Freud. Ah, tapi jangan ngebesar-besarin mereka, ya. Lo bisa selamat kok tanpa lo mikirin diri lo 100 %). Pada akhirnya kalo semua orang milih buat nyakitin lo ... cuman diri lo yang bisa milih buat ga nyakitin diri lo sendiri. Ini, tentu saja, butuh kerja keras. Apalagi kalo berangkatnya udah ancur-ancuran dan depresi beratz.

TAPI JANGAN KETUKER SAMA NARSIS DAN PUT YOURSELF ABOVE THE OTHERS. No-o-o-o-o. Gimana caranya? Jangan kesel sama saya. Tapi saya gak tau.

Hehe
hehe
hehe
he....


Karena cinta orang ke sesuatu itu beda-beda! Apalagi ini diri kita sendiri. Mungkin hal di bawah ini bisa ngebantu. Cara-cara untuk mencintai diri sendiri, yang sudah saya terapkan dan sedang saya terapkan dan belum saya terapkan adalah:

Date with yourself. Q-time.

Hargai diri lo sendiri. Mungkin agak gila nih, tapi saya suka ngelus-ngelus perut dan dada saya (HEHEHEHEHEH) kalo saya fail. Terus bilang "Ngga Bia, lo udah ngelakuin yang terbaik." atau "AYO BIA BISA BIA GO GO GO". Ngomong sama cermin yang mantulin diri lo terus bilang "Ih kamu cantik deh" atau "Ih kumis kamu tampan deh, Manis" itu nggak papa banget, asal gak ada yang liat. Oh ya, nangis itu ngebantu. Kalo ada yang bilang dengan nangis kamu setres, sebenernya mereka yang setres dan gak pernah baca penelitian: nangis itu releasing stress.

Jangan terlalu keras menyalahkan diri atas kesalahan kita. Pernah dengar waktu dan tempat yang tidak tepat? Pernah dengar juga hidup kita tragically terikat ruang dan waktu? Yha. Salahin diri kita untuk menjadi lebih baik, tapi jangan berkubang.

Terus. Maafin diri lo, before maafin orang-orang. Teman-teman, dengan bangga saya mengatakan, ini susah banget. Saya juga masih berjuang keras, nih.

Oh ya. Ini advice yang masih saya gamau lakuin sih (tapi kata temen saya, saya sering ngelakuin ini huft). Tapi kata orang agak narsis dan muji diri sendiri dan sombong dikit itu nggak apa-apa. Tapi ... yah ... jangan banyak-banyak.


Kalau kamu masih nggak yakin, saya pengen kasih kamu fakta: kamu punya banyak waktu buat patah, tumbuh, hilang, lalu berganti. Bikin hari baru itu hari baru. Plis. Kamu itu berharga. Kamu bisa percaya bahwa kamu berharga. Atau kalau kamu menganggap harga itu duniawi, kamu itu eksis. Ada. Dan itu lebih penting.

Lalu, yah ... kamu nggak sendiri, bukan kamu yang ngerasa gak pede sama diri kamu. Percaya lah. Saya juga :) Ratusan orang di luar sana juga. Kamu pikir kenapa saya bikin entri ini? Nggak lain dan nggak bukan, seperti post-post yang pernah saya post untuk menasihati orang lain, ini cuman semacam medium yang akan saya baca ulang tiap kali saya merasa useless, gak ada yang bener-bener ngerti saya, dan gak ada yang mencintai saya di hidup ini.

Jadi. Jatuhlah empat kali. Bangkitlah lima kali. Kalo kata rupi kaur: How you love yourself is how you teach others to love you. Ada yang nggak cinta kamu dengan diri kamu seutuhnya? Biarin aja, emang gak cocok. Oh ya. Setelah semua ini, jangan lupa untuk tetap berbuat baik sama orang lain, ya ...



catatan: baru-baru ini saya menemukan Tuhan. Saya ga ngerti Islam ngelarang ini atau engga (dan saya gak terlalu peduli lol), tapi saya menemukan Tuhan, karena saya sadar pada akhirnya emang cuman ada saya sendiri, tapi saya butuh seorang teman yang adikodrati. Saya gak bisa sendirian. Maka, itu lah waktu bagi Tuhan untuk muncul. Di hati saya. Di depan sajadah saya. Mungkin ini juga bisa jadi inspirasi. :)

1 komentar: